Shopping cart:
Jumlah = pcs
Keranjang
081222798117/087871204837/081574630450
59B54A1E
Customer service 1
Customer service 1

Alat Musik Rebana Makin Merana

Sunday, May 18th 2014.

Berbicara kesenian melayu tentu tidak bisa dilepaskan dengan alat musik rebana. Alat musik tradisional ini memang sangat identik dengan kesenian Melayu yang dibungkus nilai-nilai syiar agama Islam.
Alat musik sederhana ini, biasanya dipergunakan dalam berbagai kegiatan budaya dan keagamaan seperti, pembukaan acara Rampai Senin Budaya Melayu (RSBM), pesta pernikahan serta iven STQ, MTQ di tingkat kabupaten maupun provinsi.

Namun belakangan, rebana semakin ditinggalkan seiring menjamurkan alat musik dengan sentuhan teknologi. Padahal, alat musik rebana ciri khas masyarakat melayu dan agama Islam.

EM Kasim HMY, pecinta alat musik rebana di Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, sudah melatih rebana kepada anak-anak muda di Dabo sejak tahun 1963. Ia tak menapik alat musik rebana sudah jarang ditampilkan di depan umum. Menurutnya, hal itu disebabkan hadirnya alat-alat musik yang lebih canggih, menyebabkan pilihan selera mayarakat akan jenis musik Rebana pun nyaris pupus.

“Kurangnya minat dan tampilan dari rebana di berbagai iven akhir-kahir ini sedikit banyaknya karena adanya pengaruh dari kemajuan teknologi dimana generasi muda lebih memilih untuk bermain alat musik yang modern dengan aliran musik tren kini,” kata Kasim, saat berbincang-bincang dengan Haluan Kepri.

Dikatakan Kasim, rebana merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari kulit kambing dan kulit kerbau. Meski sudah kurang diminati oleh enerasi muda, Kasim  terus berusaha memperkenalkan alat musik ini ke generasi muda terutama anak-anak yang sedang mengikuti pendidikan agama di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA).

“Namun hal itu tak menyurutkan keinginan saya untuk tetap mengembangkan serta menciptakan generasi penerus budaya Melayu rebana yang kini telah mulai diperkenalkan kepada anak-anak usia dini. Dengan memberi pelajaran tambahan di TPA berupa latihan rebana yang ditetapkan dalam program mengajar kami,” ungkap Kasim.

Hingga kini, Kasim telah memiliki murid di TPA dan bergabung dengan persatuan RODAT yang memperkenalkan beberapa jenis budaya Melayu lainnya seperti Dabus, Tari Inai, Pencak Silat, Zapin, dan Ratip Saman.

Bahkan kehadiran sanggar yang berada di lorong pelajar Sekop Darat, telah mendapat perhatian dari pemerintah daerah dengan pemberian bantuan berupa satu set alat rebana yang kini digunakan anak-anak sanggar untuk latihan bersama.

Ditambahkan, untuk kembali memperkenalkan alat musik rebana kepada generasi muda, perlu dibuat iven-iven yang menampilkan jenis-jenis kebudayaan Melayu salah satunya bermain rebana.

Seperti pada acara Pekan Inovasi Sumatera dan Batam Trade Expo tahun 2013 lalu, diisi dengan festival rebana yang diikuti lebih dari 30 group rebana se-Kota Batam. Kemudian Festival Rebana se-Kota Batam yang diikuti 34 grup rebana ibu-ibu majelis taklim di Batam.

Melalui iven-iven tersebut diharapkan alat musik rebana kembali populer terutama di kalangan generasi muda yang saat ini sudah terkontaminasi alat-alat musik modern. (put/jof)

Rebana dalam Sejarah Dunia

Tambourine atau yang dalam istilah bahasa Indonesia disebut Rebana, memiliki istilah yang berbeda di negara yang lain mengikuti perkembangan sejarah instrumen tersebut di tanah kelahirannya. Tetapi pada dasarnya secara umum dalam bentuk dan fungsinya tetap sama.

Tambourine atau Rebana, Daf, Pandeiro, Buben, Dajre, Kanjira, Dayereh  ataupun Riq merupakan salah satu anggota dari keluarga perkusi jenis idiophone namun juga termasuk alat musik perkusi dengan jenis membranophone.

Rebana disebut Riq, digunakan di berbagai negara termasuk Mesir, Irak, Suriah, dan di negara-negara Arab lainnya. Di Rusia, Ukraina, Slovia, Cekoslovakia dan Polandia, alat musik perkusi ini disebut dengan istilah Buben.

Sedangkan di Balkan, Persia dan di negara-negara Asia Tengah, instrumen ini biasa disebut dengan Dajre. Dalam masyarakat India Selatan perkusi ini disebut dengan Kanjira. Semua istilah atau nama yang berbeda-beda tersebut sama-sama diterima sebagai instrumen perkusi, yang memiliki fungsi utama yaitu menjaga ritme dalam suatu karya musik.

Secara historis tambourine tersebut telah diidentifikasi digunakan dalam berbagai bentuk genre musik termasuk pada musik Persia, Klasik, dan musik Pop. Alat perkusi ini juga dapat ditelusuri kembali ke jaman peradaban yang paling kuno sekalipun, termasuk dalam sejarah musik India, Cina, Afrika Utara, Roma, Mesir dan Yunani di mana ia biasanya digunakan selama periode acara-acara perayaan.

Sejarah ini berkembang dari Timur Tengah kuno dan akhirnya mencapai Eropa pada abad pertengahan. Bahkan perkusi ini mulai muncul dan digunakan dalam opera, balet dan komposisi yang lebih banyak lagi dan lebih sering lagi pada perjalanan dan perkembangan musik sepanjang abad 18 dan 19.

Pada 320 SM dalam sejarah Yunani kuno terbersit kisah seorang wanita yang memegang cermin dan memainkan rebana sedang menghadapi jin bersayap dengan pita dan cabang dengan daun tergantung pada perkusi ini. Pada garis-garis anyaman dekoratif berwarna merah yang tergantung di tambourine, bisa terlihat tulisan Tamburello, yang merupakan salah satu istilah rebana dari Italia Selatan.

Alat musik ini dibuat dengan menggunakan benda berbentuk seperti lingkaran atau berbentuk tabung yang rendah atau berbentuk cincin dan tunggal. Alat musik ini sering menggunakan kulit hewan yang sudah di samak atau tipis untuk menutupi lubang cincinnya, yang memiliki sepasang lempengan logam yang disatukan pada sisi badan cincin.

Yang menjadi catatan adalah, bahwa tidak semua rebana menggunakan kulit dari binatang. Dalam beberapa jenis alat ini hanya menggunakan sepasang lempengan logam atau lebih dan digantung didinding bingkainya. Frame drum yang berbentuk seperti rebana dianggap sebagai instrumen perkusi paling kuno di dunia.

Alat musik ini digunakan dengan cara memukul tubuh kulitnya atau menggoncangkan lempengan-lempengan logamnya, atau memukul bagian dari tubuh kulitnya sambil menggoncangkan untuk mendapatkan keduanya secara simultan.

Dan biasanya rebana digunakan sebagai instrumen pengiring alat musik lain yang dimainkan bersamanya atau digunakan oleh para penari. Tambourine telah berkembang dalam penggunaannya, misalnya digunakan dalam berbagai kegiatan rohani atau ritual dan lain sebagainya. (dsb/jof)

Jenis-jenis Rebana

Rebana adalah gendang berbentuk bundar dan pipih. Bingkai berbentuk lingkaran dari kayu yang dibubut, dengan salah satu sisi untuk ditepuk berlapis kulit kambing.

Ada beberapa jenis rebana, yaitu:

1. Rebana besar

Rebana besar adalah rebana satu muka yang terbesar yang pernah ada dalam musik masyarakat Melayu. Kayu atau potted type dibuat dari kayu yang keras seperti merbau (sympetelandra

Permukaannya yang berukuran dalam 80 cm – 100 cm pada garis lintang, diregangkan dengan kulit kerbau yang berfungsi untuk menimbulkan suara, disebut juga sounding body. Rotan yang dibelah dua digunakan sebagai bahan ekustik utama bagi proses penegangan kulit dan diperkokoh dengan kayu-kayu yang juga berfungsi sebagai alat peneyeimbang nada. Lukisan yang bermotifkan alam seperti bunga-bungaan diwarnai dengan berbagai warna sebagai simbol serta kehalusan estetikanya.

Dalam konteks persembahan (pertunjukan), rebana dipukul secara langsung dengan tangan pemain tanpa menggunakan alat pemukul, untuk mengiringi ‘nyanyian zikir, yang bertemakan pesan-pesan agama dan juga pesan-pesan sosial budaya. Nyanyian zikir Rebana Besar disampaikan secara chorus, dengan paduan suara oleh pemain rebana yang biasanya beranggotakan tiga orang pemain dalam setiap kelompok.

2. Rebana mangkuk

Rebana Mangkuk juga termasuk dalam jenis gendang yang hanya memiliki satu membran tempat untuk dipukul. Bingkainya dibuat dari mangkuk yang digunakan untuk mengumpul susu getah. biasanya mangkuk-mangkuk tersebut dibuat dari tanah Hat. Pada permukaannya ditutup dengan beberapa lapisan getah sebagai bahan bunyi menggunakan kaedah siratan rotan dan bahan pelekat.

Untuk menegangkan lapisan getah itu tadi, dua keping berbaji kayu dimasukkan secara bertentangan pada bahagian bawah alat berkenaan kemudian diketatkan. Berbaji kayu ini adalah berfungsi sebagai alat tala kepada rebana berkenaan seperti juga yang digunakan untuk alat rebana yang lain seperti Rebana Ubi dan sebagainya.

Rebana Mangkuk digunakan untuk memainkan lagu-Iagu seperti dalam repertoire Rebana Ubi untuk musik hiburan bagi komunitas setempat. Rebana ini dipukul dengan sebatang kayu khusus yang ditutupi dengan getah. Rebana Mangkuk dianggap sebagai alat musik eksperimental yang masukkan ke dalam kategoti rebana tradisional yang lain. (dsb/jof).

Summber : http://www.haluankepri.com/insert/58084-alat-musik-rebana-makin-merana-.html

Incoming search terms:

    #Pengrajin rebana se jabodetabek

Calung Atau Angklung Variasi Warna

Rp (hubungi cs)
Detail
Order Sekarang » SMS : 081222798117/087871204837/081574630450
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangCalung Atau Angklung Variasi Warna
HargaRp (hubungi cs)
Lihat Detail »

REBANA / KOMPANG KRICIK POLOS 18 cm

Rp 55.000,-/pcs
Detail
Order Sekarang » SMS : 081222798117/087871204837/081574630450
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeRS 02
Nama BarangREBANA / KOMPANG KRICIK POLOS 18 cm
HargaRp 55.000,-/pcs
Lihat Detail »

JUAL MARAWIS UKIR KULIT HITAM

Rp 4.500.000,-/set
Detail
Order Sekarang » SMS : 081222798117/087871204837/081574630450
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeMUKH 01
Nama BarangJUAL MARAWIS UKIR KULIT HITAM
HargaRp 4.500.000,-/set
Lihat Detail »

Dumbuk Batu Alumunium Hijau

Rp (hubungi cs)
Detail
Order Sekarang » SMS : 081222798117/087871204837/081574630450
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDumbuk Batu Alumunium Hijau
HargaRp (hubungi cs)
Lihat Detail »

Sapu Injuk

Rp (hubungi cs)
Detail
Order Sekarang » SMS : 081222798117/087871204837/081574630450
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSapu Injuk
HargaRp (hubungi cs)
Lihat Detail »

Marawis Ukir Kulit Putih

Rp 3.500.000/set
Detail
Order Sekarang » SMS : 081222798117/087871204837/081574630450
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeHj 00
Nama BarangMarawis Ukir Kulit Putih
HargaRp 3.500.000/set
Lihat Detail »

HADROH / HADRAH BAS JEPARA SEGI DEL

Rp 850.000 / pcs
Detail
Order Sekarang » SMS : 081222798117/087871204837/081574630450
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeHJ 08
Nama BarangHADROH / HADRAH BAS JEPARA SEGI DELAPAN
HargaRp 850.000 / pcs
Lihat Detail »

Rebana Masruri ssn 6

Rp 850.000/set
Detail
Order Sekarang » SMS : 081222798117/087871204837/081574630450
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangRebana Masruri ssn 6
HargaRp 850.000/set
Lihat Detail »

Rekening Bank

2400236766 a.n. Badruzaman
1680000673192 a.n. Badruzaman
00190105041502 a.n. Badruzaman

Pengiriman

Social Media

081222798117/087871204837/081574630450

Pin BB : 59B54A1E

Customer service 1